The Effect Of Trust And Convenience On Customer Satisfaction With Purchasing Decisions As An Intervening Variable Purchase Decision As An Intervening Variable E-Commerce On Shopee In Medan City
Abstrak
The purpose of this research is to test and analyze the influence of Trust and Convenience on consumer satisfaction with purchasing decisions as an intervening variable for E-Commerce at Shopee in Medan City directly and indirectly. The approach used in this research is an associative approach. The population in this research is all E-Commerce consumers at Shopee in Medan City whose number is unknown. The sample in this study used the lameshow sampling technique, totaling 100 E-Commerce consumers at Shopee in Medan City, Medan. The data analysis technique used is path analysis using SEM-PLS. The results of this research show that Trust has a significant effect on Consumer Satisfaction through Purchasing Decisions as an intervening variable because it has a P Value of 0.010, so 0.010 < 0.05, thus it can be stated , and Convenience has a significant effect on Consumer Satisfaction through Purchasing Decisions as an intervening variable because it has a P Value of 0.006 so 0.006 < 0.05.
Referensi
Aisha, N., & Kurnia, E. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Menggunakan Dompet Digital “OVO.” Bursa: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 153–163.
Andriani, Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 209–220.
Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 115–120.
Arianty, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 69–81.
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.
Astuti, R., & Alfarizky, A. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Yamaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal AKMAMI (Akutansi, Manajemen, Ekonomi,), 1(1), 32–42.
Astuti, R., & Febriaty, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pasar Modern: Studi Kasus Pada Indomaret Di Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039299
Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Maneggio : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10.
Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 67. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13414
Daryanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.
Daulay, R. (2021). Analisis Faktor Teknologi Informasi Dan Kemudahan Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Era Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Berkesinambungan Dan Berorientasi Layanan” - Diseminasi Penelitian, 315–325.
Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ke, 1–6.
Davis, G. B. (2015). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Pustaka Binaman Presindo.
Diza, F., Moniharapon, S., & Imelda, W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT. FIF Group Cabang Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 1–10.
Fahmi, M., Prayogi, M. A., & Jufrizen, J. (2018). Peran Kepercayaan Konsumen Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Website Terhadap Loyalitas Konsumen Online Shop. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.1477534
Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018, 689–705.
Fauziati, P. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 1(1), 1–14.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP UNDIP.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.
Gunawan, F., Ali, M. M., & Nugroho, A. (2019). Analysis Of The Effects Of Perceived Ease Of Use And Perceived Usefulness On Consumer Attitude And Their Impacts On Purchase Decision On Pt Tokopedia In Jabodetabek. European Journal of Business and Management Research, 4(5).
Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2017). Advanced Issues In Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Sage Publications.
Hanum, F., Purnama, N. I., & Harahap, S. H. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Promosi Grab Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Universitras Muhammadiyah Sumatera Utara Yang Menggunakan Grab. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(3), 528–537.
Hidayat, R. (2015). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips (Studi Kasus Pada Mahasiswa Telkom University). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 305–310.
Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019a). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137.
Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019b). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I FEB UMSU). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137.
Isparwati, R. (2020) 12 Sumber Pendapatan Shopee Untuk Mendapatkan Keuntungan, riniisparwati.com
Istiarni, P. R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking Di Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 888–897.
Jufrizen, J., Daulay, R., Sari, M., & Nasution, M. I. (2020). Model Empiris Peningkatan Kepuasan Dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Instagram. Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 249–265.
Khair, H. (2016). Dampak Atribut Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Dept Store Di Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 78–95.
Khair, H., Tirtayasa, S., & Yusron, M. (2023). The Effect Of Service Quality And Price On Customer Loyalty Through Customer Satisfaction On Laundry Medan.com The City Of Medan. SEAN INSTITUTE : Jurnal Ekonomi, 12(01), 560–568.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi kedu). Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 5). Erlangga.
Lee, M., & Johnson, C. (2021). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Kencana.
Lupiyoadi, R. (2018). Manajamen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Salemba Empat.
Muis, M. R., Fahm, M., Prayog, M. A., & Jufrizen, J. (2021). Jurnal Bisnis dan Manajemen Model Peningkatan Loyalitas Nasabah Internet Banking Berbasis Persepsi Resiko , Persepsi Privasi dimediasi Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 22–37.
Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1), 83–88.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 165–173.
Nasution, E. Y., & Kurnia, E. (2021). Perilaku Konsumen Gen Y dan Gen Z Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian: Studi Komparatif Japanese Food dan American Food. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(1), 64–75.
Nasution, M. I., & Simamora, W. S. (2021). Peran Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Dalam Membentuk Kepuasan Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri Dan Rantai Pasok, 181–186.
Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021a). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 235–244.
Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021b). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 142–155.
Rohmatin, I., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 104–112.
Sari, D. P. (2021). Analisis Pengaruh Tanggapan Kemudahan, Kepercayaan Dan Risiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan E–Money Pada PT. Bank Sumut Kc Syariah Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(4), 1–15.
Shinta, A. (2019). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kepercayaan Konsumen Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada Pt Suminsuryamesindolestari. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2872–2894.
Sinurat, R., Wulandari, D., Harahap, E. N., Syahna, M., & Nasution, M. I. (2023). Minat Beli Konsumen: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Peran mediasi Kepuasan. Inovatif : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital Dan Kewirausahaan, 2(1), 10–20.
Sista, O. (2017). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Di PT. Arwana Internusa Tour Pontianak. Jurnal Manajemen Motivasi, 12(1), 626–632.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, S., & Hendryadi, H. (2015). Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Prenadamedia Grup.
Tanjung, H., Tanjung, I. S., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Kepribadian dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lazada. Jurnal AKMAMI (Akuntansi, Manajemen, Ekonomi), 3(2), 390–396. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/689%0Ahttp://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/download/689/757
Thamrin, A., & Francis, T. (2016). Manajamen Pemasaran. PT. Raja GrafindoPersada.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.
Tirtayasa, S., Sinta, F., Azhara, Y., & Prasetya, A. (2022). The Effect Of Product Quality And Price On Consumer Satisfaction With Purchase Decisions As An Intervening Variable (Case Study Of Nazwa Assorted Cakes). Jurnal Mantik, 6(1), 657–664.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik (Edisi Kedu). CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Andi Offset.
Tuhepaly, M., & Rismawati, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Promosi Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Ovo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(6), 1–11.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sucitra Sucitra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



