Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Word Of Mouth, Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ucok Durian Medan
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran Digital, Word of Mouth, , Brand Image, Harga , Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh strategi pemasaran digital, word of mouth, brand image dan harga terhadap keputusan pembelian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dan kuantitatif. Tempat penelitian ini dilakukan pada UMKM Ucok Durian Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Ucok Durian Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 100 Responden menggunakan rumus Bernoulli. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner lalu di uji menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R-Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pemasaran digital terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. Secara simultan ada pengaruh strategi pemasaran digital, word of mouth, brand image dan harga terhadap keputusan pembelian Ucok Durian Medan.
Referensi
Arianty, N. (2016). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Kumpulan Jurnal Dosen UMSU, 4(2), 76–87.
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.
Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Cristiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran (pertama ed). Perdana Publisher.
Astuti, R., & Hasbi, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di kota Medan. Journal Pancabudi, 127–135.
Chandra, D. S. (2023). Pengaruh Kualitas produk, Inovasi dan Interaksi Pelanggan terhadap Brand Image. Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 2(2), 73-79.
Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Publikasi Ilmiah, 689–705. http://hdl.handle.net/11617/9995
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159.
Handayani, N. P., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorsement dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Raket Merek Yonex: Studi Pada Konsumen Raket Yonex Di Kota Medan. Jurnal SALMAN (Sosial dan Manajemen), 4(3), 166-175.
Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 1–11.
Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19.
Nasution, M. F. R., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(2), 135–143.
Nisa, N. R., Rahayu, R., Kurniati, & Hardati, R. N. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. JIAGABI, 8(1), 59–66.
Rangkuti, S. Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Word Of Mouth dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Decision Produk Skintific. Jurnal SALMAN (Sosial dan Manajemen), 4(3), 193-208.
Setyorini, D., Tirtayasa, S., & Khair, H. (2023). The Effect Of Brand Image And Customer Relationship On Customer Loyalty Mediated By Customer Satisfaction At Primary School Al-Ulum. Jurnal Ekonomi, 12(01), 531-545.
Tirtayasa, S., Islaini, A. M., Parulian, T., & Syahrial, H. (2021). The effect of green marketing mix on the brand image of tea box Ultra Jaya (Study on Students of the Faculty of Economics and Business University Muhammadiyah North Sumatra). International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 2(2), 394-403.
Tirtayasa, S., Jufrizen, J., Pirari, W. S., & Sari, M. S. M. (2024). E-SATISFACTION AND E-LOYALTY: THE ROLE OF BRAND IMAGE AND E-SERVICE QUALITY. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 8(1), 1-26.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sella Silvia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



