Pengaruh Word Of Mouth Dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Coffe Shop Di Kota Medan
Keywords:
Word Of Mouth, Store Atmosphere, Kepuasan Konsumen , Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui word of mouth berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, me¬ngetahui store atmosphere berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, untuk mengetahui kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, untuk mengetahui word of mouth berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen, untuk mengetahui store atmosphere berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen pada Coffe Shop di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh yang pernah melakukan pembelian pada coffe shop di Kota Medan, dimana jumlah sampel penelitian sebanyak 150 pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis yang dalam penelitian menggunakan aplikasi SEM-PLS yang dilakukan dengan uji Analisis model struktural dan Mediation Effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, store atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen dan store atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen pada Coffe Shop di Kota Medan pada Coffe Shop di Kota Medan
References
Andriany, D., & Arda, M. (2022, November). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks. In Prosiding Seminar Nasional USM (Vol. 3, No. 1, pp. 186-197).
Andriany, D., & Arda, M. (2022, November). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks. In Prosiding Seminar Nasional USM (Vol. 3, No. 1, pp. 186-197).
Arda, M., & Andriany, D. (2023). The Influence Of Product Quality, Price And Electronic Word Of Mouth On The Purchase Decision Of Ms Glow Skincare. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(4), 12-46.
Daulay, R. (2022, December). Analysis of Customer Loyalty Models Influenced by Customer Relationship Management And Satisfaction in Transportation Services. In Journal of International Conference Proceedings (Vol. 5, No. 4, pp. 324-332).
Daulay, R., Hafni, R., Nasution, S. M. A., & Nasution, M. I. (2024). DETERMINANTS AFFECTING TRuST, SATISFACTION, AND LOYALTY: A CASE STuDY OF LOW-COST AIRLINES IN INDONESIA.
Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.
Khair, H., Tirtayasa, S., & Yusron, M. (2023). The Effect Of Service Quality And Price On Customer Loyalty Through Customer Satisfaction On Laundry Medan. Com The City Of Medan. Jurnal Ekonomi, 12(01), 560-568.
Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek di Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(2), 235-244.
Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021, October). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 142-155).
Nst, Y. S., & Mujiatun, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Generasi Z Menabung Pada Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Binjai Kota). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 4(1), 1506-1519.
Rangkuti, S. Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Word Of Mouth dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Decision Produk Skintific. Jurnal SALMAN (Sosial dan Manajemen), 4(3), 193-208.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67-86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunita Rosma Diana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



